Minggu, 10 Desember 2017

Kontribusi Saya, Kontribusimu, Kontribusi Kita Untuk Indonesia



Halo kawan – kawan, kali ini saya akan membahas mengenai kontribusi kita untuk Indonesia, dalam hal ini kontribusi yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk keluaga / masyarakat / lembaga / daerah kita.

Kata kontribusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sumbangan. Sumbangan juga bisa disebut juga pemberian. Kita semua bisa berkontribusi untuk negara kita dengan cara kita masing – masing. Sejauh yang saya pahami, hal – hal positif yang kita lakukan dan berguna untuk keluarga ataupun sesama bisa digolongkan dalam kontribusi kepada Indonesia. Kontribusi yang kita berikan bisa dimulai dari hal – hal kecil di lingkungan kita, seperti membantu menjaga keamanan lingkungan, menjaga kelestarian alam, mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari atau dengan cara apapun selama yang kita lakukan positif.  

Berbicara tentang kontribusi untuk Indonesia, saya pernah mengalami dua hal yang masih membekas dalam ingatan saya. Pengalaman pertama saya alami ketika berkunjung ke acara pameran pembangunan yang diadakan oleh pemerintahan daerah saya di Kefamenanu (salah satu kota di NTT). Saya sempat berbincang – bincang dengan seorang polisi yang sedang bertugas mengawasi stand kepolisian ketika sedang melihat – lihat isi dari stand tersebut. Polisi itu sempat bertanya kepada saya “apa yang sudah kamu berikan kepada daerahmu selama ini mengingat kamu kuliah di jurusan teknik dan juga kuliahmu sudah menginjak tingkat akhir?” Saya tertegun sesaat dan kemudian menjawab ”Saya belum bisa berbuat apa – apa. Saya masih butuh waktu untuk belajar lagi.”

Sejujurnya, saya merasa malu  ketika menjawab seperti itu. Tapi, apa daya itulah kenyataanya. Saya pernah mengalami hal yang menyakitkan ketika kuliah di mana kampus saya ditutup ketika saya baru menginjak semester 3 di kampus tersebut. Perasaan sakit  dan bimbang mengampiri. Namun, saya mencoba perlahan – lahan bangkit dan berusaha agar bisa melanjutkan kuliah lagi. Berbekal dukungan orang tua dan teman - teman sebaya yang merasakan hal yang sama, saya bisa melanjutkan kuliah di kampus berbeda, namun tetap pada jurusan yang sama.

Pengalaman kedua saya alami ketika sedang mencari – cari info beasiswa di internet. Saya membuka situs online milik salah satu instansi pemerintahan yang menyediakan beasiswa bagi pelajar se-Indonesai yang ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Di dalamnya tertulis beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelajar yang berminat untuk mengajukan pemohonan beasiswa. Namun, ada satu persyaratan yang menurut saya sulit dan mengganjal hati saya. Kira- kira seperti ini, tuliskan essay (karangan) minimal 2 halaman tentang kontribusi apa yang kamu berikan kepada negara, dulu, sekarang, dan nanti.

Sejauh yang saya pahami dan jalani, kontribusi yang telah saya berikan kepada Indonesai, seperti : menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara Indonesa, ikut merayakan hari raya kemerdekaan Indonesia, mengikuti kegiatan - kegiatan positif dan hal lainnya. Namun, untuk memberikan kontribusi dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan yang saya jalani dalam waktu sekarang, tentu saya belum bisa.

Sebagai seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bagian kelistrikan, saya berharap bisa ikut berkontribusi dalam memperbaiki kualitas listrik yang masih rendah di daerah saya setelah selesai menempuh pendidikan. Selain itu, bisa membantu pihak terkait dalam proyek penyebaran listrik yang belum merata, terlebih di daerah pelosok yang masih merasakan kegelapan ketika malam tiba.

Bagiamana menurut kawan – kawan, kontribusi apa yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk Indonesia?

Sekian dulu infonya, semoa bermanfaat. Terima kasih kawan - kawan yang sudah berkunjung.

Artikel - artikel BAGIINFO29 mengambil data tambahan dari beberapa sumber.


EmoticonEmoticon