Jumat, 08 Desember 2017

Mengapa Pendidikan Penting Dalam Hidup Kita?


Halo kawan - kawan, kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya pendidikan dalam hidup kita.

Berbicara tentang pentingnya pendidikan dalam hidup, saya mengingat kembali masa lalu yang telah saya habiskan di bangku sekolah dasar dan menengah. Bangun pagi jam lima dan bersiap untuk pergi ke sekolah . Bertemu teman - teman sebaya dengan karakteristik mereka masing - masing dan menghabiskan waktu bersama - sama selama lima sampai enam jam di sekolah demi mendapat ilmu pengetahuan yang belum saya mengerti sepenuhnya waktu itu. Saya teringat juga akan guru - guru yang telah membimbing dan membentuk pribadi saya hingga menjadi pribadi yang kuat sekarang. 

Perlahan - lahan, saya dengan sadar meyakini pentingnya pendidikan dalam hidup. Pendidikan telah membantu membentuk perspektif saya untuk memandang hidup tidak dari satu sisi saja. Pendidikan memang seharusnya dijalani oleh setiap orang. Ada orang yang berpikir pendidikan bukanlah satu - satunya jalan menuju hidup yang lebih baik. Tapi, saya meyakini pendidikan yang saya jalani telah membentuk pribadi dan hidup saya menjadi lebih baik dan akan jauh lebih baik lagi bila saya tidak berhenti belajar walaupun pendidikan yang saya jalani bukan di bangku sekolah lagi. 

Sebagai seorang pemuda yang sementara mengenyam pendidikan, banyak hal yang ingin saya capai. Sewaktu kecil saya bercita - cita seorang menjadi Biarawan atau Guru. Pilihan yang saya rasa mulia sekali melihat dedikasi orang yang berprofesi seperti itu untuk pendidikan dan kehidupan bermasyarakat begitu tinggi. Menjelang sekolah menengah, saya melihat kembali kemampuan dan keadaan sekitar saya. Perlahan - lahan perspektif saya mengenai cita - cita saya ke depan berubah hingga akhirnya saya memilih untuk menjadi seorang teknisi listrik. Pilihan yang begitu menantang, tapi saya yakin bisa mengatasinya. Akhirnya, saya pun melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan mengambil jurusan yang sesuai idengan cita - cita saya. 

Pilihan itu saya ambil karena keadaan di daerah saya yang masih tertinggal dalam hal perkembangan teknologi dan pasokan listrik. Di bagian pelosok daerah saya masih banyak penduduk yang belum mendapat aliran listrik yang seharusnya itu menjadi hak mereka. Selain itu, pemadaman listrik yang masih sering terjadi karena peningkatan kebutuhan masyarakat akan listrik tidak diimbangi dengan pasokan listrik yang disiapkan oleh pihak yang berwenang.

Berbekal itu, saya fokus untuk untuk menyerap pendidikan sebanyak - banyaknya agar suatu saat saya bisa ikut ambil bagian dalam menyelesaikan permasalah - permasalahan yang terjadi.

Pendidikan sejatinya bukan hanya tentang segala sesuatu yang kita pelajari di bangku sekolah, melainkan juga tentang segala sesuatu yang kita pelajari dalam keluarga dan lingkungan. Ketiga elemen itu bahu - membahu membantu membentuk pribadi kita menjadi lebih baik. Dengan pendidikan, kita mendapat pengetahuan tentang keadaan di sekitar kita dan membantu kita menafsirkan segala sesuatu yang tidak kita ketahui. Pendidikan juga membantu membentuk diri kita menjadi pribadi yang bisa berguna untuk keluarga dan lingkungan di kemudian hari. Selain itu, kita juga siap untuk ikut ambil bagian dalam menghadapi persaingan global yang semakin cepat..

Itulah sekelumit pandangan atau perspektif saya mengenai betapa pendidikan begitu penting dalam hidup kita. Bagaimana menurut kawan - kawan?

Sekian dulu infonya, semoa bermanfaat. Terima kasih kawan - kawan yang sudah berkunjung.

Artikel - artikel BAGIINFO29 mengambil data tambahan dari beberapa sumber.


EmoticonEmoticon