Minggu, 03 Desember 2017

Penyebab Listrik Padam


Halo kawan - kawan, inilah artikel pertama saya di blog ini. Saya akan membahas mengenai penyebab listrik di rumah kita sering padam.

Listrik menjadi kebutuhuan penting bagi kita (konsumen/pelanggan) di era sekarang. Itu disebabkan kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup kita yang cenderung menginginkan hal - hal yang instan. Hampir semua aspek kehidupan yang meliputi : perkantoran, industri, rumaha tangga membutuhkan suplai energi listrik.

Apa yang terjadi apabila pemadaman listrik? Tentu saja akan dikeluhkan oleh kita yang notabenenya bergantung pada enenrgi listrik dalam aktivitas kita sehari - hari. PLN sebagai pihak pengelola energi listrik pun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir gangguan atau masalah yang terjadi. Namun, tidak dipungkiri, gangguan atau masalah masih terjadi dan sulit untuk dihindari. 

Gangguan atau masalah yang biasanya terjadi antara lain :
1. Hubung Singkat (korsleting)
Gangguan hubung singkat disebabkan oleh 2 faktor :
  • Faktor internal 
Gangguan ini disebabkan adanya peralatan listrik yang rusak dan kualitas isolator (pembungkus kabel) yang sudah usang rusak atau tidak memenuhi standar yang berlaku.
  • Faktor eksternal
Gangguan ini disebabkan oleh faktor alam dan cuaca, seperti : pohon tumbang, banjir, ataupun petir.

2. Beban Lebih
Gangguan ini terjadi karena pemakaian listrik yang berlebihan atau melebihi batas sehingga menyebabkan MCB (Miniature Circuit Braker) turun.

3. Pemadaman Bergilir 
Gangguan ini terjadi karena ada perbaikan ataupun perawatan yang dilakukan pihak PLN pada pembangkit listrik, kabel jaringan tegangan menengah, trafo, dan lainnya.

4. Kesalahan manusia
Gangguan ini disebabkan kesalahan operator (petugas) dalam melakukan tugasnya tidak sesuai dengan standar SOP yang berlaku.

Sekian dulu infonya, semoga bermanfaat. Terima kasih untuk kawan - kawan yang sudah berkunjung.

Artikel - artikel BAGIINFO29 mengambil data tambahan dari beberapa sumber.  


EmoticonEmoticon