Minggu, 03 Desember 2017

Kenapa Listrik Sering Padam Saat Musim Hujan?


Halo kawan - kawan, mengapa listrik sering padam saat musim hujan?

Padamnya listrik tentu menjadi kerugian besar bagi kita (konsumen/pelanggan) karena akan memperlambat aktivitas kita sehari -hari yang cenderung bergantung pada suplai energi listrik. Baik di musim kemarau ataupun musim hujan, pemadaman listrik akan tetap berlangsung apabila terjadi gangguan. Apalagi saat musim hujan, pemadaman listrik akan sering terjadi.

Pihak PLN sebagai pengelola energi listrik mengaku terpaksa melakukan pemadaman listrik jika musim hujan tiba. PLN meminta masyarakat maklum karena langkah itu diambil guna menghindari kecelakaan akibat sengatan listrik. 

Menurut PLN, secara umum ada 3 faktor yang mejadi penyebab terjadinya pemadaman listrik saat musim hujan tiba, diantaranya :

1. Angin Kencang
Seperti diketahui, kabel udara tegangan menengah bertegangan 20 kV yang bertebaran di sekitar kita adalah kabel penghantar terbuka.
 Gambar kabel udara tegangan menengah bertegangan 20 kV

Karena terbuka, jelas itu mengandung tegangan listrik yang besar. Apabila terjadi angin kencang, PLN akan segera melakukan pemadaman listrik karena khawatir ada pohon tumbang menimpa kabel ataupun ranting pohon yang bersentuhan dengan kabel penghantar terbuka tersebut.

Pada pelajaran Fisika, kita pernah belajar tentang pengahantar listrik yang baik (konduktor). Pohon termasuk dalam bahan konduktor sehingga apabila pohon bersentuhan dengan kabel aluminium akan mengakibatkan pohon itu bertegangan listrik juga. Jadi, kita tidak boleh memegang pohon dalam kedaan seperti itu karena akan mengakibatkan kita terkena setrum.

2. Hujan Deras
Hujan tidak terlalu berpengaruh pada listrik. Namun, apabila terjadi hujan deras bisa mengakibatkan kabel  kabel penghantar terbuka (seperti yang dijelaskan di atas) bersentuhan dengan pohon. Selain itu pemadaman listrik juga bisa terjadi karena PLN khawatir ada perumahan yang kebanjiran.

3. Petir
Pada umumnya, tiang kabel jaringan listrik sudah dilengkapi dengan penangkal petir. Namun, ada juga yang tidak dilengkapi dengan penagkal petir. Hal inilah yang menyebabkan PLN melakukan pemadaman listrik saat petir muncul.

Berikut penjelasan secara resmi dari salah satu pihak PT. PLN, dalam hal ini PT. PLN Area Yogyakarta terkait pemadaman listrik.


Sekian dulu infonya, semoga bermanfaat. Terima kasih untuk kawan - kawan yang sudah berkunjung.

Artikel - artikel BAGIINFO29 mengambil data tambahan dari beberapa sumber.


EmoticonEmoticon